15 Pelajaran Laskar Pelangi!


1. untuk orang-orang yang berbakat bakat memang sering kali harus ditemukan. PELAJARAN moral NOMER 4: ternyata nasib yang juga misterius itu adalah seorang pemandu bakat!

2. Untuk menghentikan seseorang yang dengan gaduh memukul2 drum dengan sejadi2nya dan mengaku drumer bertarap internasional dan persis seperti drumer Tarantula melakukan end fill untuk menutup lagu rock dangdut wakuncar… keluarkan jurus ini…. katakan padanya “Dengar kata adikmu ini, abangda, kalau abang bermain drum seperti itu bisa2 Jim Morrison melompat dari liang kuburnya”

3. Terkadang seorang seniman hebat banyak mengalami kurang mendapat perhatian dan penghargaan memadai. gaya hidup dan pemikiran mereka yangmengawang-ngawang sering kali disalah artikan. Dan terkadang bukannya penghargaan, seniman2 calon terkemuka ini sering mendapat cemoohan(154-155)

4. Walaupun kita merasa tidak berminat dengan cerita seseorang, namun tetaplah menghargai apa yang diceritakannya. Dengan cara….menepuk2 punggungnya, menghargai ceritanya yang menakjubkan, tetap tersenyum simpul dan pura2 batuk untuk menyamarkan tawa. gk rugi toh (162)

5. HIDUPLAH UNTUK MEMBERI SEBANYAK-BANYAKNYA, BUKAN UNTUK MENERIMA SEBANYAK-BANYAKNYA.

6. Intelegensi dan Seni adalah sebuah kolaborasi yang indah serta berharga. hanya saja Seni lebih mengarah kepada imajinatif dan tak logis____sesuatu yang berasal dari Mahar selalu menerbitkan inspirasi, aneh, lucu, janggal, ganjil dan menggoda keyakinan. Itu berarti otak kanannya benar2 aktif begitu sebaliknya. (143)

7. Ketika kita merasakan jatuh cinta….Toko yang tadi berbau busuk memusingkan akan menjadi semerbak seperti minyak kasturi. Dan seseorang yang gelap, kecil dan jelek akan keliatan seperti Nat King Cole(atau nat king kong sebut saja begitu).

8. Tahukah kalian…Tergadang rasa gatal yang berasal dari getah buah aren muda dapat membuat pola gerakan yang menakjubkan dalam sebuah tarian Afrika. Dan akan menjadi intepretasi tari saudara-saudara. 247.

9. Jika kaum lelaki ingin menjumpai wanitanya maka kirimlah sebuah puisi seperti Ikal pada A Ling berikut :

A ling, lihatlah kelangit

Jauh tinggi diangkasa

Awan-awan putih beranak itu

ku mengirim bunga-bunga krisan untukmu.

maka kalian akan dikirimi “JUMPAI AKU DI….”

10. Buku karya Herriot yang berjudul Seandainya Mereka Bisa Bicara akan membawa kita melupakan kesedihan ketika ditinggalkan kekasih… dan temukan kekuatan Edensor.

11. Cinta pertama memang takkan pernah mati, tapi juga takkan pernah Survive. Tariklah sebuah pelajaran moral nomer 6 yaitu : jika anda memiliki kesempatan mendapatkan cinta pertama disebuah toko kelontong, meskipun toko itu bobrok dan bau tengik Imaka rebutlah cepat-cepat kesempatan itu, karena cinta pertama semacam itu bisa menjadi demikian indah tak terperikan.

12. Setiap orang berhak memiliki cita-cita, bagaimanapun keterbatasan keadaannya. dan keinginan yang kuat untuk mencapai cita-cita itu mampu menimbulkan prestasi-prestasi lain sebelum cita-cita sesungguhnya tercapai. keinginan kuat itu juga memunculkan kemampuan-kemampuan besar yang tersembunyi dan keajaiban-keajaiban diluar perkiraan.

13. Ketika suasana sedang genting dalam arus ombak yang berdesir hebat dan anda terancam tenggelam. AZANLAH seperti Syah Bandar. Niscaya Allah akan menolong orang yang sedang kesusahan. 411

14. Tak perlu menghampiri seorang DUKUN ternama untuk merubah angka 8 tertawa menjadi 8 beneran. Karena anda akan terancam mendapat teguran “INILAH PESAN TUK-BAYAN-TULA UNTUK KALIAN BERDUA, KALAU INGIN LULUS UJIAN : BUKA BUKU, BELAJAR!!” bayangkan ….setela apa yang kalian korbankan setelah menemui sang dukun sakti.

15. Pelajaran hidup Mahar : NASIB ADALAH SETIAP DERETAN TITIK-TITIK YANG DILALUI SEBAGAI AKIBAT DARI SETIAP GERAKAN-GERAKAN KONSISTEN USAHANYA DAN TAKDIR ADALAH UJUNG TITIK-TITIK ITU.477.

*sekali lagi inilah nilai yang dapat saya ambil dari novel karya Andrea Hirata berjudul Laskar Pelangi. Jadi….ini murni sedikit nilai yang saya dapat ambil dari seabrek nilai indah lainnya didalam novel.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s