Belitung


Belitung…sebuah daerah yang gak asing dikuping yah kawans sejak film laskar pelangi booming kayak gasi…ng (biar kedengeran ing) di Indonesia bahkan dunia. Kebetulan tanggal 5-7 november kemaren gue (akhirnya) menginjakkan kaki untuk pertama kalinya di negeri LASKAR PELANGI ini. Nah, gak afdol rasanya kalo gue gak share innetary yang pas untuk perjalanan singkat buat kalian yang pengen ngerasain underprice tapi pengen foto abis2an kayak gue hohoho (apa sihh).

5-november-2011

Dapetin tiket pesawat yang murah (cari tket pesawat yang lagi promo, kalo gak ketemu bisa tanya2 ke gue via fb or twitter#promo) nah buat kalian yang baru bisa muterin Belitung mulai jam 2-an…kalian bisa ikutin cara gue seperti berikut.

Dapetin tiket pesawat     : Rp 344.500 + 388.500 (ongkos pulang pergi)

trus foto begitu sampe bandaranya belitung kayak gini

bandara

Cari mobil carteran yang orangnya baik banget mau nyariin hotel plus motor sewaan (waktu itu gue dapet 15.000 perorang)

Cari hotel murah tapi bersih seharga    : Rp65.000 (coba ke hotel Surya yang deket tanjung pandan) foto lagi dihotel beserta motor sewaan seharga Rp50.000

depan hotel

siapin dompet, jadwal perjalanan dan batere kamera yang full

a must tools

Langsung tancap gas menuju Tanjung tinggi pesan gue hati-hati kawan..jalanan agak sedikit licin karena banyak pasir. Dan jangan segan bertanya, soalnya petunjuk jalannya lumayan dikit. Dan satu lagi siapin bensinnya kawans…soalnya Belitung ternyata juga salah satu daerah yang gak banyak pom bensin. Kalao kalian mau nyari bensin eceran, hati-hati juga yah takutnya dicampurin air.

Sebelum nyampe tanjung tinggi kalian bakalan ngelewatin banyak pantai yang juga gak kalah menarik, tapi saran gue cabs ajah ke tanjung tinggi, buat menghemat waktu kalian. Dan nikmatin foto-foto kayak anak autis gini yahhh…

austis2an

depan tugu laskar pelangi

autis

ngautis terusss

view tanjung tinggi

Jangan foto terlalu banyak disini, sisain waktu untuk segera ke tanjung kelayang. Tanjung kelayang punya view yang juga ok lho kawanss…kalo dah nyampe tanjung kelayang, sebaiknya lu langsung pesenin kapal boat menuju pulau lengkuas, pulau babi dan pulau burung…lu mungkin akan dapat view buat ngautis lebih banyak dibanding yang gue punya. Sewa kapal boat sekitar Rp350.000 buat ngiterin 3 pulau itu bahkan terserah lu pada mau singgah dimaa. Cuma waktu itu, gue cuma sedikit waktu, so gue cuma sempet ke pulau lengkuas setelah narsisan lebih dulu di tanjung kelayang.

action @tj.kelayang

action lagi

view tj.kelayang

Setelah narsis mampus di tj.kelayang..buruan ngibrit deh kawans ke pulau lengkuas… buat yang mau ngerasain sensasi horor plus ngautis 18 lantai ke ujung mercusuar…gak bakalan kecewa lhoo sama viewnya yang masih asri…

in love (gaye)

disalah satu jendela mercusuar

puncak mercusuar

Sepanjang perjalanan menuju pulau lengkuas, kaian bakalan disuguhkan sama pemandangan yang keren banget lho…nih gue share..

pulau

sukakk foto ini

view pulau lengkuas

Mungkin akan ada sedikit cerita horor kawas, kalau kepulau lengkuas…gue sama teman gue sempet berasa gak enak hawanya disekitaran lantai 2-4…tapi so far gak ada apa-apa…kecuali kita punya foto salah satu penampakan…untuk kepentingan bersama, gue rasa gue gak perlu share disini yah hehehe…yang pasti sensasinya mayan ngasikin kok hehhee.

Malam menjelang…saatnya mencari oleh-oleh..karena yang perlu kalian tau, hari minggu hampir semua toko tutup…jadi yang mau belanja oleh-oleh lebih baik malam hari yah kawans

5-November 2011

Saatnya mengejar manggar-gantong!!!!!

Hehehehe excited banget waktu gue sama teman gue mutusin buat jalan subuh-subuh ke gantong…jalannya menghabiskan 3 jam bolak balik dengan kecepatan 80km perjam… (dijamin valid). Jalanannya lenggang banget gak kayak dijakarta tapi termasuk berbahaya juga kawan…Saran gue pelajari dulu kultur masyarakat belitung yang kalo ditawarin makan, harus langsung dimakan (jangan pernah nolak). Kalo makan sesuatu gak boleh ditunda-tunda dsb. Hati-hati disetiap tikungan jlaan, karena kata penduduk sekitar lumayan banyak penunggunya nih tempat terutama menuju manggar.

Walaupun semua itu cuma kultur, gak ada salahnya ambil positifnya kawans…yah yang namanya maut dan segala macamnya itu semua berasal dari ALLAH.

Kebetulan gue emang sempat nolak pemberian orang beberapa kali di belitung, dan kebetulan juga motor yang gue tumpangin kecelakaan didaerah Kampit (setelah pulang dari gantong mengarah ke hotel) dan gue sempat pingsan 3x dan akhirnya dirujuk kerumah sakit. Tapi ini serius gak ada hubungannya dengan kultur…tapi emang sudah takdir ILAHI. Ini pelajaran buat teman-teman yang hobi ngebut dan mengendarai kendaraan dengan emosional, hati2 yah…

Disini juga gue mau bilang terimakasih buat masyarakat belitung yang dengan baik nolongin gue sampe rumah sakit bahkan mengurusi semua keperluan gue dirumah sakit. Kalau ada warga terbaik yang pernah gue temuin, itu adalah warga belitung. TAMPANG BOLEH SANGAR TAPI HATINYA GAK NAHAAAANNN… baikkkkk banget

Kembali ke topik..

kalo sempat ke manggar hingga gatong…segera tanya sana sini sama yang benar-benar orang belitung yah guys….jalan menuju manggar yang benar kearah mana…karena pengalaman gue 7 dari penduduk local cuma satu yang asli belitung dan tau jalan…sisanya.. “Maaf mbak, saya bukan orang asli sini. Gak tau jalan”

 nah…ntr kalo kalian gak nyasar..kalian akan ketemu jalan kayak gini

Jl. Laskar pelangi

dan….ketemu sama bangunan ini…

Replika SD muhammadiyah

 Tau donk diatas itu banguna apah???hehhe iyahh betul banget itu bangunan yang dipakai untuk syuting laskar pelangi…

Dan kalian pasti dah paham, begitu nyampe tempat ini yang akan gue lakukan adalah….ngautissss…

@replika

yah..setelah itu gue gak ada cerita…karena FYI gue masuk rumah sakit.

Tapi sekitar jam 5-an sore akhirnya gue coba jalan ke tj. Pendam dengan view seperti berikut

tj. pendam

narsis ditanjung pendam, meski pingga mesti ditopang

tria.. (yang pinggangnya asek)

meski pingang masih memar..tetap narsis

besok paginya…

alhamdulillah gue dapet tiket sekitar jam 11an dan gue masih sempet ngerasain mie “ATEP” yang konon khas belitung…seharga 13.000 (tarif rata-rata makanan di belitung). Makanan ini berada dalam pusat tanjung pandan di jl. sriwijaya… pokoknya mau cari yang khas lu tinggal puterin tempat ini kok (gak jauh dari hotel dan tugu timah. Nah lu bisa nikmatin foto-foto dari awal perjalanan lu kayak gue gini…mulai dari pelabuhan tanjung pinang…

@pelabuhan

tugu timahmie atep

mie atep

beuhh…ini mie enak banget kawan..liat nihh expresi gue pas nikmatin…

nikmaaaattt

mau liat yang masak???ini diaa…

si pembuat mie atep

nah…setelah itu,,gue ma teman gue packing menuju bandara untuk pulang ke jakarta setelah nelpon carteran mobil, beli baju baru (gak mau make baju bekas kecelakaan), beli sendal baru (gara-gara sepatu ilang pas kecelakaan) dan foto lagi dibandara sambil nunjukin oleh-oleh (hasil rontgen) dari belitung…

baju baru (140rb), sendal baru (30rb), rontgen baru ckckckkc

Nah…gituh deh kira innetary beserta spot dima lu semua bisa foto dan ngautis abis…gimana??tertarik ke Belitung???be carefull guyss….jangan kayak gue yawhh hohoohohoh