Pulau Pramuka 17-18 Maret 2012


Mungkin teman-teman kaget kok tiba-tiba gue jadi hobi ngereblog. Maaf yah, baru sempet nulis sekarang… sebenarnya banyak ide yang mau di tulis tapi berhubung ada kerjaan yang bejibun, mungki nge reblog lebih OK dibanding copas. hehhehe.

Gak mau kebanyakan intro, gue mau cerita update perjalanan terbaru gue dan teman-teman galauers gue. Kalau mau tau siapa ajah bisa ngekli link ini dan ini.  Tapi kalau mau cerita lucunya bisa ngeklik link ini Lanjut ke cerita..

Pramuka jadi satu Pulau yang keren banget buat kita yang punya waktu libur sedikit, tapi masih pengen snorkling+renang(air bersih)+kongkow+liburan seru. Pulau yang satu ini merupakan salah satu gugusan yang ada di Kepulauan Seribu, punya pulau yang kecil tapi bersih, penduduknya ramah, dekat dengan banyak objek snorkling. Pokoknya keren banget deh guyss..

Berikut adalah tips yang bisa kalian ikutin selama liburan ke Pramuka :

1. Cari temen yang pinter Biologi terutama tentang Biota Laut

Temen yang kayak gini, teman yang ngebantu kita liburan sekaligus belajar guys…terutama kalau doi pinter nyelem dan gak pelit ilmu. Beuhh…itu matap banget deh…lu tau dong yang gue maksud siapa???? yang inisialnya BURHAN yang namanya B hehhehe. Beuhh beruntung banget deh emang punya temen yang punya talent begini. Bayangin ajah setiap doi nyelem, ada ajah binatang laut yang di bawa dari dasar laut buat ditunjukkin ke kita-kita (galauers)

2. Naik kapal KM.Kerapu

Untuk kalian yang pengen kesana, sekedar info…sebaiknya kalian akses Pelabuhan Angke yang baru___pengganti akses pulau seribu___marina-ancol___Km.Kerapu. Karena paling gak, kalian bakalan hemat waktu beberapa jam dibandingkan naik kapal dari Pelabuhan yang lama (deket pom bensin)___hati2 yah naik  KM. Kerapu mayan bikin syok diawal, dan enaknya lagi kalian gak perlu dempet-dempetan dan ngerasain di pepes kayak waktu disini. Kapal yang dipakai di Pelabuhan baru, murni rata-rata KM.Kerapu. Coba lihat foto berikut :

KM. Kerapu (dibelakang Galauers)

Waktu itu kita semua cuma ngabisin 1 jam lebih buat nyampe Pulau Pramuka dengen sedikit ketegangan diguncang ala Halilintar kecilnya D*fan. Tapi so far, naik ini lebih manusiawi lho. Karena Nakhoda gak akan terpaku pada setoran kantung pribadi dengan “meng-overload”kan manusia didalamnya. Naik KM.Kerapu, sudah dapat snack, kita juga akan merasa aman dan nyaman didalamnya, karena penumpang selalu pas sesuai dengan jumlah kursi penumpang.

3. Hal penting=tempat nginap

Sebelum berangkat, pasti kita semua dah tau donk mau nginep ala backpacker (nenda) ataupun mau nyewa Homestay.

– Kalau Nenda, gue saranin==>> Pas naik KM. Kerapu, minta diturunin di Semak Daun dan langsung pasang tenda. Tujuannya ngemat tenaga lu-lu pada pas mau snorkling sekaligus pada saat lu dah selesai snorkling kan enak tuh, habis snorkling tggl bersih2 trus makan dan tinggal tidur di tenda). ATAU Begitu nyampe Pramuka, langsung sewa kapal ke Semak daun skalian snorkling, bangun tenda, dan lanjut snorkling lagi (soalnya sewa kapal itu seharian-sepuasnya)

-Kalau nginep di homestay==>> begitu turun kapal di Pramuka, gak pake babibu mending langsung cari penginapan tanpa perantara. Ini bakalan membantu kita menghemat ongkos penginapan (soalnya kalau pake perantara, biasanya kita jadi susah nawar penginapan). Setelah dapet penginapan, langsung ganti pakaian, kunci pintu, sewa kapal (jangan lupa nawar), snorkling.

4. Punya Temen Pinter Nawar atau Temen tajir tapi royal

Snorkling dan penginapan itu tujuan utama kita terlayani dengan baik di pulau. 2 Temen tersebut adalah teman asyik buat ngemat isi kantong.

5. Atur waktu liburan sebaik mungkin

Liburan ke Pramuka berarti harus siap ==>> Lihat penyu, Snorkling, Jalan-jalan muterin pulau, Makan pagi-siang-malam, Bakar-bakar ikan, nyari oleh-oleh, foto-foto, pesen tiket buat pulang esoknya. Misalnya kayak gue kemaren :

09.00-10.15 WIB  Perjalanan kepramuka

10.15-11.00 WIB  Babibu (cari penginapan+kapal buat snorkling), persiapan snorkling

Persiapan snorkling

11.30-13.00 WIB  Snorkling-Makan siang dipulau Air+perjalanan

Snorkling

Pulau Air

Makan siang

13.00-14.00 WIB  Snorkling di Karang Besar+perjalanan

14.00-15.30 WIB  Minum es kelapa di Pulau Semak daun, Muterin pulau, foto-foto+Penjelasan biota laut. Berikut Biota laut yang berhasil kita temukan

BINTANG LAUT BIRU (Gambar menyusul)

Bantal Laut (Culcita)

Termasuk dari kelompok bintang laut yang berbentuk bantal.

Bintang Laut Putih

Bulu Babi

Dah tau tentang Bulu Babi kan? Faktanya! Binatang satu ini adalah indikator sebuah laut tercemar atau tidak lho. Bulu Babi adalah makananan favorit ikan lho (ketika bagian tubuhnya terlepas (seperti duri) atau mati). Gnat Bulu Babi juga mengandung protein yang tinggi lho…

Bantal Laut

Penguasa Laut(kalah nyai)

Galauers - Randy

15.30-18.15 WIB  Balik ke Pulau Pramuka, Mandi di homestay, beres-beres, muterin pulau Pramuka, ngemil-ngemil di pulau.

Muter-muter pulau

19.00-00.30 WIB Mesen ikan bakar, nonton, muter-muterin pulau dimalam hari, Nonton Dunia Lain, Tidur.

07.15-08.30 WIB  Sarapan, Lihat penyu, beli tiket pulang pulang

Kita dan penyu

Penyuku???!!!!

Nungu kapal pulang (kayak ngungsi)

10.30-12.00 WIB   Nyampe Muara Angke

6. Jangan Lupa Makan di Muara Angke

Ngeliat ikan dilaut, snorkling, berenang…dan segala macamnya bikin capek donk…nah makan otak-otak, di Muara Angke bikin kita rileks dan PW banget setelah terguncang-guncang di KM.Kerapu.

7. Keep IT Clean

Supaya liburan kita makin asyik, mending jaga kebersihan, buang sampah ke tempat sampah, jangan mengotori lingkungan yah guys. Ini berefek sama penglihatan kita (pasti lu semua pengen pemandangan yang indah2 donk, kalau ada sampah kan jadi gak indah), Dan lu juga otomatis jadi duta lingkungan yang keren banget paling gak buat diri lu dan orang lain. Dan lu juga ikut melestarikan kekayaan alam Indonesia, mewarisi pemandangan indah buat anak dan cucu kita, sekaligus membantu promosi kebersihan wisata alam Indonesia yang berdampak pada visa negara lho (MULIA yah???)

Nah.. gitu deh tips-tips yang bisa diikutin selama gue di Pulau Pramuka… siapa tau, kalian berminat kesana long weekend dibulan April.

Jangan lupa KEEP IT CLEAN!!!! Have Fun!!! Selamat Liburan yah ^_^

13 thoughts on “Pulau Pramuka 17-18 Maret 2012

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s