Perahu Kertas


Kado#2

Lama rasanya tidak merasa melankolistik seperti ini. Tapi yah…untuk pertama kalinya sejak beberapa waktu, akhirnya airmata saya jatuh juga. Saya memang jarang menuliskan bagaimana atau apa perasaan yang sedang saya rasakan, sejak lama. Setelah saya pikir, bahwa curhat bahkan menulis apa yang saya rasa, seperti “LEBAY”. Saya malas merasa sedih, takut atau bahkan melow.

Ini setelah saya menonton Perahu Kertas. Benar saja, kata orang bahwa membaca, menulis dan menonton dapat memberikan pengaruh untuk kita. Saya akan bercerita mengenai Perahu Kertas. Buku yang dikarang oleh penulis yang begitu saya idolakan selain Andrea Hirata dan Tasaro GK. Kalian tentu tau “DEE”-Dewi lestari. Pengarang, penyanyi bahkan pencipta lagu.

Dari sekian banyak karangan Dee yang saya baca dan koleksi Perahu Kertas adalah salah satu yang saya tidak suka selain Madre. Walaupun Perahu Kertas merupakan buku kesayangan saya (Baca selengkapnya Disini). Mungkin karena saya merasa dua buku ini seperti buka Dee yang saya kenal lewat tulisannya yang dulu, Supernova, Filosofi Kopi dan Recto Verso. Jiwa Dee tidak ada dibuku itu. Tapi sama seperti tweet Dee yang lalu, bahwa setiap ekspektasi adalah ekspektasi penulis tau yang ia tulis dan inginkan. Dan saya akhirnya sadar bahwa ekspektasi saya terlalu muluk, Dee pasti punya sisi lain sebagai penulis yang ingin ia paparkan. Akhirnya saya menikmatinya sebagai koleksi terbaik dari penulis favorit saya.

Baiklah, akhirnya saya ditemukan dengan berita bahwa Perahu Kertas akan di filmkan lewat twitter Zaskia Adya Mecca. Saya langsung tertarik untuk menontonnya, hingga akhirnya Minggu, 2 September 2012 saya menontonnya di Cibubur.

Awalnya saya merasa tidak tertarik. Dan dengan mata kelelahan, saya berfikir untuk tidur saja di Bioskop.Tapi, hingga film berakhir…saya malah tetap melotot dan merasakan jiwa Dee sebagai penulis. Saya menemukan Dee-saya disana di film itu.

Akhirnya nyawa Dee saya temukan. Dan saya menangis tanpa sesunggukan. Jiwa cerdas, scientist, seni dan romantisme Dee secara bersamaan menyerang saya bertubi-tubi. Ceritanya mengalir begitu saja dan sampai di hati saya. Entah karena saya sedang merasakan hal yang sama dengan pesan yang disampaikan film atau saya memang hanya menghayati, tapi film tersebut berhasil mempengaruhi saya hingga saat ini. Bahkan soundtrack yang dinyanyikan Maudy___diciptakan Dee juga membuat saya hanyut kedalam Perahu Kertas yang dilayarkan ke hati saya pada saat itu.

Dee HEBAT!!!

Ini Trailer filmnya (silahkan menonton)

Dan ini Lagu Soundtracknya

###

Saya yakin radar yang TUHAN ciptakan didiriku juga akan segera menemukanmu…Tunggulah…entah itu kamu, kamu, kamu atau dia…jika diantara kita memang ditakdirkan berlabuh dalam kapal yang sama ke samudera NEPTUNUS aku yakin-aku, kamu, kamu kamu atau dia akan segera dilayarkan PERAHU KERTAS berisi pesanNYA yang menjadi keputusan yang tepat untuk kita semua ^_^ dan tak ada lagi tangis diantara kalian maupun aku pada akhirnya. Aamiin.

###

10 thoughts on “Perahu Kertas

      • Bluuum..denger2 filmnya ga bagus. Dan sejak Hanung melintir cerita AAC, gw emoh nonton film2nya dia :p
        Tapi soundtracknya…alamaaaaaak. Dee bener2 jago ya meres2 hati orang lewat lagu ^^

  1. katanya sih yang bkin skenarionya “Dee”nya langsung bi..si hanungnya mah ngedirect…gue yang dah baca buku Dee (pas nonton) ngerasa film ituh keren kok…berhasil memvisualkan novelnyah (ihiy)

    • @Debie : menurut gw ini film terbaik dari Hanung, gw juga ga pernah suka dengan film hanung bahkan “sang pencerah” sekalipun.. menurut gw hanung itu mendirect nya terlalu cetek.. tapi untuk yang satu ini menurut gw keren..

      • banyak yang muji kok ji…kalo disini hanung ok banget dan detail dalam setiap gambar…bahkan film ini jadi kliatan elegan dibandingkan karya hanung yang lain. Yang casting pun ibu negaranya hanung..dan oks banget pemain2nya. Mungkin hanung memang lebih cocok film yang bergenre modern love begini. (sambil menanti film selanjutnya, ainun & habibie)

Leave a Reply

