Perkembangan Hilmi


Sejak menjadi ibu, banyak pengalaman baru yang saya rasakan. Saya baru tahu bahwa bahagia itu benar-benar sederhana. Sesederhana menyaksikan tumbuh kembang anak kita.

Saya juga paham betapa setiap anak juga memiliki keunikan-keunikan masing-masing. Baik berupa kecerdasan verbal maupun motorik.

Bahagia sekali rasanya jika kita menyaksikan satu persatu kepintaran anak kita muncul.

Apalagi ketika kata pertama yang muncul adalah “IBU”. Meskipun sayangnya…anak saya lebih fasih menyebut kata “AYAH” dibandingkan ibu. Dia lebih senang memanggil saya “ENYAK”

atau “MAMA” atau terkadang “AYAH”. Hahaha. Saya rasa ini dikarenakan intensitas pertemuan saya lebih sedikit dibanding ayahnya.

Itulah sebabnya saya ingin menuliskan tulisan ini. Saya ingin suatu ketika, Hilmi (anak saya) tahu bahwa saya tetap memperhatikannya. Meskipun saya harus bekerja dan meninggalkannya sejak subuh dan malam hari…tapi saya ingin suatu saat ia membaca tulisan ini dan tahu bahwa saya tetap menyayangi dan mengikuti perkembangannya.

***

Saya mungkin tidak mengingat detailnya tapi hal-hal ini adalah perkembangan Hilmi yang paling berkesan untuk saya:

  1. Hilmi belajar berjalan pada umur 9 bulan (ketika saya mulai mengandung anak ketiga saya) dan lancar berjalan di usia setahun.
  2. Kata pertama Hilmi adalah “Hai”.
  3. Hilmi suka mendengar adzan dan mengikuti orang sholat.
  4. Hilmi suka sekali makan dan minum susu.
  5. Mpasi pertama Hilmi adalah buah pir dan pepaya.
  6. Hilmi suka sekali dengan benda-benda yang memantulkan cahaya (seperti lampu, bintang, bulan dan matahari) dan menyebutnya sebagai “LAMPU” (baca:Labe’m).
  7. Hilmi suka sekali dengan Cicak (sepertinya hampir smeua anak suka cicak).
  8. Hilmi 1y4m sudah bisa bilang: ayah, ibu (kadang-kadang), opung, lampu, bintang, cicak, mati (kalau menunjuk lampu yang mati), tutup, jatuh, habis, susu, lalat, kupu-kupu, makan (mamam), minum (enyum), pipis, sini, pampers, gak mau (amauuu), ikan (ican), air, api, tiga, ci luk ba, hati-hati, da-da, ayam, kucing (ucing),  dll.
  9. Hilmi sudah mengerti arti kata panas dan pedas.
  10. Himi sudah mengerti kalau diperut saya ada dedek bayi. Hilmi suka sekali elus-elus mencium perut saya.
  11. Hilmi suka tidur di perut saya dan di pelukan ayahnya.
  12. Hilmi sudah bisa mengikuti nyanyian cicak-cicak didinding (cicak-cicak, hap ditangkap), burung kakak tua, kalau kau suka hati, tek kotek dan yang paling baru Finger Family.
  13. Hilmi suka main bola.
  14. Hilmi suka mengigit dan menakut-nakuti orang sambil mengejar-ngejar orang tersebut.
  15. Hilmi suka ice cream.
  16. Hilmi suka makan ikan.

Semoga semakin soleh, cerdas, dewasa dan pintar yah nak…dan untuk ibu-ibu diluar sana…semangat dan jangan lelah untuk terus berusaha jadi ibu yang terbaik. Apapun profesi kita (ibu rumah tangga atau pekerja) percayalah bahwa kita semua hebat pada porsinya masing-masing.

Leave a Reply

